Pages

Sabtu, 27 Desember 2014

Macam-Macam Sandi

SANDI KOTAK I
Caranya seiap huruf diajdikan sebagian kotak-kotak lihat contoh diatas, untuk mempermudah sebaikanya dibuat dulu urutan dari A sampai Z, untuk membedakan huruf pertama dengan huruf ke dua, huruf kedua ditambahkan dengan bulatan atau titik.
SANDI KOTAK II
Caranya sama dengan Sandi Kotak I (lihat Contoh di atas, hanya pada sandi Kotak II ini huruf ke dua menggunakan titik satu dan hruuf ketiga menggunakan titik dua.
SANDI AN
Penggunaan Sandi AN yaitu dengan menuliskan lawan huruf, apabila N maka ditulis A, jika M maka ditulis Z dan seterusnya, (lihat Contoh)
SANDI AZ

Penggunaan Sandi AZ yaitu sama dengan sandi AN, dengan menuliskan lawan huruf, apabila A maka ditulis Z, jika M maka ditulis N dan seterusnya, (lihat Contoh)

 SANDI ANGKA

CONTOH : 3. 0. 18. 0 3.0.17 .12.0 15.17 .0.12. 20. 10 .0.
ARTINYA : D A S A D A R M A P R A M U K A.





SANDI NAPOLEON

Sandi ini diambil dari kaisar Prancis Napoleon Bonaparte. Sandi ini tidak mempunyai kunci khusus tetapi cara merangkai huruf-huruf itu yang menjadikan sandi ini jadi begitu menarik.


Contoh: Untuk menulis kalimat “SELAMATKAN JIWA KAMI” maka caranya adalah dihitung terlebih dahulu jumlah hurufnya, lalu dibagi menjadi beberapa bagian yang jumlahnya sama. Pada kalimat tersebut terdapat 18 huruf maka dapat dibagi menjadi 3 bagian masing-masing bagian 6 huruf. Penulisannya pertama-tama ditulis enam huruf seperti biasa, kemudian 6 huruf lagi ditulis dari kanan ke kiri, begitu seterusnya. Maka akan menjadi “SELAMA IJNAKT WAKAMI”. Cara pemecahannya dengan menulisnya seperti berikut ini (baca mengikuti tanda panah):
Jika kalimat “SELAMATKAN JIWA KAMI” ditulis dengan sandi ini tiga-tiga dari atas ke bawah maka menjadi “SIJ EJA LNK AAA MKM ATI”. Berbagai variasi dapat digunakan dalam sandi ini tergantung selera.

SANDI RUMPUT

Sandinya dibuat menyerupai rumput. Rumput pendek berarti titik dan rumput panjang berarti garis.

Contoh: PRAMUKA = .--. / .-. / .- / -- / ..- / -.- / .-

Jika ditulis menggunakan sandi rumput menjadi:


0 komentar:

Posting Komentar